Tentang KNABE

KONFERENSI NASIONAL AKUNTANSI BISNIS DAN EKONOMI  (KNABE)

“Menciptakan Mental JAWARA untuk Pengembangan Industri Kreatif dalam   Menghadapi Revolusi Industri 5.0”

Kemajuan teknologi telah mengubah wajah perekonomian, khususnya di sektor industri dan perdagangan. Salah satu fase penting dalam perkembangan teknologi adalah munculnya revolusi industri gelombang ke-4, atau disebut dengan Industrial revolution 4.0.

Industri 4.0 kini menjadikan berbagai negara dalam percepatan kemajuan ekonomi dan bisnis, serta merupakan tantangan dalam menciptakan lapangan kerja. Industri 4.0 lahir setelah tiga generasi sebelumnya. Generasi pertama mesin uap, generasi kedua elektrifikasi, dan generasi ketiga komputerisasi. Maka, lahirlah generasi ke empat industri 4.0 cyber physical system. Merupakan generasi dimana industri bergerak melalui support digitalisasi, interkoneksi produk, value chain, dan model bisnis. Masyarakat Indonesia sedang dihadapkan dengan Revolusi Industri 4.0 yang tidak lama lagi akan berevolusi menjadi Industri 5.0.

Pada revolusi Industri 5.0 akan terdapat aspek yang mengembalikan kejayaan peradaban manusia. Menurut Reevany (Pendiri Malindo Research Center and Leadership), ”Aspek-aspek yang berkolaborasi pada revolusi Industri 5.0 antara lain, fisik, digital, dan biologis, serta dilengkapi dengan hadirnya aspek spiritual.” Disamping itu, Reevany menyampaikan keyakinan bahwa pada Revolusi Industri 5.0 mendatang merupakan suatu era yang akan menjadi kekuatan untuk mengubah Nusantara. (www.its.ac.id).

Di dalam konsep Revolusi Industri 5.0 ini, manusia akan berperan lebih besar dalam mentransformasi big data menjadi kreatifitas untuk tercapainya kehidupan yang lebih baik. Sentuhan humanisme di dalam Revolusi Industri 5.0 akan menjadi model dasar konsep ini, dan akan diterima oleh masyarakat dunia. Terutama Indonesia dengan populasi 267 juta jiwa.

Konferensi Nasional Akuntansi, Bisnis, dan Ekonomi (KNABE) ke 2 merupakan konferensi yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memaparkan konsep revolusi industry 5.0 sebagai kunci kekuatan baru untuk meningkatkan kesejahteraan di Indonesia.

Acara KNABE-2 diselenggarakan dalam bentuk Seminar yang disampaikan oleh para pakar dari kalangan akademisi dan praktisi, serta call paper  yang bertujuan untuk mengumpulkan ide-ide menarik dari seluruh Indonesia untuk pengembangan dan penerapan akuntansi, bisnis, dan ekonomi pada era Revolusi 5.0.

Seminar Nasional dan Call Paper yang menjadi bagian dari KNABE-2 yang bertema: Menciptakan Mental JAWARA untuk Pengembangan Industri Kreatif dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0 diharapkan dapat membuka wawasan dan memunculkan ide-ide baru dalam menghadapi era revolusi industri 5.0.

Kegiatan KNBE -2 merupakan forum berbagi pengetahuan antar akademisi dan praktisi yang membahas mengenai isu-isu penting di bidang  akuntansi, bisnis, dan Ekonomi yang dirancang dalam bentuk seminar dan presentasi hasil-hasil penelitian dari para peserta.

 

Kegiatan ini mengundang para akademisi dan praktisi di Indonesia untuk membahas issue mengenai pengembangan industri kreatif dalam menghadapi revolusi industri 5.0

 

Hasil penelitian dari para peserta akan di review oleh para pakar di bidang akuntansi, bisnis dan ekonomi, dan akan dipublikasikan pada jurnal-jurnal nasional bereputasi.